Latest Movie :

Gurihnya Bisnis Keripik Kulit Singkong

KERIPIK KULIT SINGKONG — Makanan camilan Keripik singkong mungkin sudah banyak dijumpai di berbagai tempat, namun jika Keripik Kulit singkong mungkin anda belum pernah menjumpainya. Makanan camilan yang terbuat dari kulit singkong atau kulit pohong ini merupakan hasil kreativitas Suti Rahayu, warga Dusun Sumberejo, Desa Ngawu, Kecamatan Playen, 

Gunungkidul Yogyakarta. Ide menjalankan bisnis keripik kulit singkong ini berasal dari pemikiran Suti yang melihat potensi kulit singkong bisa diolah menjadi makanan unggulan. Selama ini kulit singkong hanyalah limbah dan paling banter hanya dijadikan makanan ternak.

Untuk menjadikan kulit singkong menjadi makanan yang lezat memang memerlukan beberapa proses yang tidak sebentar. Menurut Suti yang mahal dari olahan keripik kulit singkong ini adalah pada perlakuannya. Namun hasilnya lumayan, karena keripik kulit singkong ini dihargai Rp.20.000 per kilogramnya.

Dalam mengolah kulit singkong ini menjadi keripik, pertama kali kulit singkong difermentasi selama dua hari, setelah itu dikukus dan direndam selama dua jam. Kulit itu menjadi dua bagian, kulit luar dan kulit dalam. Untuk keripik kulit, dia menggunakan kulit dalam yang berwarna putih sedangkan kulit luar dibuang.

Setelah melalui proses itu, kulit singkong itu lalu digoreng menggunakan tepung singkong atau Mocaf (modified cassava flour). Inovasi ini baru digarapnya sejak tiga bulan belakangan. “Tidak pakai modal banyak, karena hanya pakai kulit pohong,” kata Suti.

Inovasi bisnis makanan keripik kulit singkong ini merupakan kerjasama Suti dengan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Dinas Pertanian Gunungkidul serta instansi lainnya. Untuk saat ini pemasaran keripik kulit singkong ini masih sebatas pada pasar tradisional dan toko-toko di daerah Gunungkidul. Menurutnya yang menjadi kendala adalah ketersediaan bahan baku yang tidak bisa kontinyu. Bisnis keripik kulit singkong, inovasi yang kreatif dan peluang bisnis yang gurih. narasumber
=======================================================================
Bagi anda yang ingin diadakan kepelatihan WS Pamungkas di Kota Anda, silahkan ikuti Program Ki Jagad Amoro.

Kantor Praktek : Jl. Dworowati No. 36, RT 5 RW 4, Djoyodiningratan, Kel. Kratonan, Kec. Serengan, Surakarta.

Salam Hormat - Ki Jagad Asmoro Sang Spiritualis
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Ki Jagad Asmoro - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger