Latest Movie :

Tabungan atau Investasi??

MENABUNG DAN INVESTASI — Ada berbagai pilihan untuk memenuhi kebutuhan kita di masa mendatang antara menabung dengan investasi. Kebutuhan yang semakin meningkat memerlukan cadangan dana yang kadang tidak bisa dicukupi dari gaji bulanan. Pilihanya adalah menabung dari gaji atau investasi. Jika kita menyisihkan dana dari gaji,namun apa daya saat dana sudah terkumpul harga barang yang akan dibeli semakin meningkat. Misalnya saja jika kita menginkan untuk membeli rumah dengan harga 200 juta sedangkan penghasilan kita 5 juta rupiah per bulan. Jika kita sisihkan 2 juta per bulan maka perlu waktu 100 bulan untuk mencapai nilai itu.


Dengan cara tersebut rumah tidak akan pernah bisa terbeli, karena dalam jangka waktu tersebut harga rumah pasti sudah akan naik. Sehingga nilai uang sudah tidak berarti lagi, karena nilai inflasi lebih tinggi dari perkembangan uang yang kita simpan.

Untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhannya seseorang perlu melakukan investasi agar nilai uang tidak tergerus oleh inflasi. Seringkali orang menilai investasi dan menabung adalah dua hal yang sama, padahal dua hal tersebut berbeda. Biasanya orang menganggap deposito adalah sebuah bentuk investasi padahal itu bentuk tabungann juga. Pilihan orang biasanya memilih deposito sebagai investasi. Dalam deposito pada kenyataannya terkadang bunga deposito tidak bisa melampaui laju inflasi. Belum  lagi dikurangi untuk membayar pajak bunga deposito yang telah ditetapkan pemerintah. Sehingga bukannya uang berbiak malah berkurang sebenarnya. Sehingga tujuan kita investasi untuk meningkatkan jumlah uang tidak tercapai.

Investasi Uang Selalu Berbiak

Berbeda dengan menabung yang rentan terhadap laju inflasi, investasi memiliki tujuan membiakkan uang yang kita miliki untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan yang tidak mungkin dipenuhi dari gaji bulanan saja. Selain  uang yang diinvestasikan semakin juga tahan terhadap laju inflasi ataupun kenaikan harga-harga barang.

Ada beberapa hal yang perlu diperhitungkan dalam memulai investasi, yang pertama anda harus menetapkan tujuan dan jangka waktu investasinya. Misalnya investasi ditujukan untuk membeli rumah dalam jangka waktu lima tahun. Setelah dirumuskan dengan jelas baru mencari bentuk dan instrumen investasi yang sesuai.

Berbagai bentuk investasi yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan antara lain, reksadana, obligasi, investasi saham, membeli property, dan lain sebagainya. Meski investasi mampu membiakkan uang anda, namun menabung juga perlu karena investasi tidak bisa menarik uang cash sewaktu-waktu diperlukan. Sedangkan menabung dapat ditarik sewaktu-waktu jika diperlukan

Sumber : http://galeriukm.com/kiat-sukses-bisnis/membedakan-tabungan-dan-investasi
=======================================================================
Bagi anda yang ingin diadakan kepelatihan WS Pamungkas di Kota Anda, silahkan ikuti Program Ki Jagad Amoro.

Kantor Praktek : Jl. Dworowati No. 36, RT 5 RW 4, Djoyodiningratan, Kel. Kratonan, Kec. Serengan, Surakarta.

Salam Hormat - Ki Jagad Asmoro Sang Spiritualis
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Ki Jagad Asmoro - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger