Latest Movie :

Pembesaran Gurame Yang Menguntungkan

PEMBESARAN GURAMI – Usaha pembesaran ikan gurami ternyata mendatangkan keuntungan yang lumayan. Hal ini mematahkan pandangan bahwa budidaya gurami hanya menguntungkan pada masa pembibitan saja. Memang biaya produksi untuk  usaha pembibitan gurami relatif lebih kecil dan masa panen lebih pendek. Namun pengalaman yang dirasakan sendiri oleh Hasim, 34, warga Sidomulyo, Butuh, Purworejo yang sukses mengembangkan usaha pembesaran ikan gurami. Ternyata usaha pembesaran gurami sangat menguntungkan. Saat ini Ikan-ikan gurami peliharaannya bahkan sudah mampu menembus pasar luar kota.
Usaha pembesaran gurami ini relatif mudah untuk dilakukan karena Gurami tidak perlu pasokan air yang mengalir, hampir mirip dengan ikan lele hanya saja perlakukannya khususnya dalam pakan lebih detil dan teratur.

Dalam menjalankan usaha budidaya pembesaran gurami, Hasin memiliki delapan kolam yang dibuat berukuran sama, yakni 7 meter x 4.5 meter. Ada satu kolam dibuat lebih luas untuk menampung ikan yang siap panen jual. Saat ini ada sekitar 4.500 ekor ikan gurami yang ia miliki.
Dalam Setiap kolam bisa diisidengan 400 ekor bibit ikan gurami ukuran korek gas. Setelah besar ikan-ikan itu akan dipindah dan ditampung di kolam yang lebih besar untuk menjaga perkembangan dan pertumbuhan tetap optimal.

Konsentrasi Pada Pembesaran  Gurami
Menurut Relasi Hasim, Ahmadi, 45, warga Dlanggu, Butuh, Purworejo menambahkan, apa yang dilakukan Hasim adalah murni pembesaran. Dari delapan kolam ini tidak ada kolam pemijahan. Bibit Gurami dibeli dari ukuran korek gas dengan harga Rp.1.250 seriap ekornya. Setelah berumur 12 bulan gurami tersebut sudah berukuran 6 ons dan dijual dengan harga Rp 22.00 per kilonya.

Usaha pembesaran ikan gurami memang cukup mudah dan menguntungkan, mengingat pakan alami berupa daun-daunan bisa diberikan pada gurami. Selain itu angka kematian gurami dalam pembesaran ini hanya mencapai maksimal 10% saja.  Selain itu dalam usaha pembesaran ikan gurami masa panen bisa disesuaikan dengan permintaan pasar. Pada dasarnya pasar akan menerima ikan gurami dalam segala ukuran.  Untuk konsumsi warung makan biasanya gurami ukuran 5 ons sudah laku dijual. Sedangkan ukuran di bawah itu dibeli petani untuk dibesarkan lagi. Selamat mencoba

Sumber : http://www.radarjogja.co.id/magelang/23686-sukses-pembesaran-gurami.html
=======================================================================
Bagi anda yang ingin diadakan kepelatihan WS Pamungkas di Kota Anda, silahkan ikuti Program Ki Jagad Amoro.

Kantor Praktek : Jl. Dworowati No. 36, RT 5 RW 4, Djoyodiningratan, Kel. Kratonan, Kec. Serengan, Surakarta.

Salam Hormat - Ki Jagad Asmoro Sang Spiritualis
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Ki Jagad Asmoro - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger